Quantel X10

Mungkin banyak yang belum mengenal nama netbook Quantel meskipun pabrikan asal Taiwan ini merupakan pemasok komputer mobile ternama. Sebabnya boleh jadi karena Quantel kurang cepat merasuki konsumen Indonesia yang seringkali lebih percaya pada merek yang pertama masuk atau sudah lama mereka kenal. Meskipun demikian, Quantel yang baru diperkenalkan di Indonesia tahun 2007 lalu sebenarnya bukan merek “karbitan” karena di luar negeri namanya sudah cukup berkibar. Quantel sendiri berani menghadirkan produk berkualitas dengan harga yang cukup miring dibandingkan kompetitornya melalui seri Quantel X10 ini.

Sebelumnya Quantel hanya menghadirkan netbook dengan prosesor AMD LX800. Namun, kini model dengan CPU Intel Atom juga hadir meramaikan pasar komputer jinjing. Seri X10 merupakan varian dengan prosesor Atom N270 seperti netbook umumnya. Namun di seri ini, Quantel menghadirkannya dengan ciri fisik yang menarik. Salah satunya dengan menawarkan pilihan warna cover hitam glossy, hijau apel, dan kuning metalik yang memikat mata. Susunan keyboard pun, meskipun tergolong kecil, terlihat informatif dengan pembedaan warna pada fitur Function (Fn). Kesemua tombol ini sangat nyaman ditekan (termasuk juga touchpad-nya yang berukuran kurang dari 6 cm). Satu hal yang kami sukai adalah disediakannya deretan shortcut multimedia yang jarang disertakan pada netbook lain.Kalau Anda membandingkan X10 dengan merek lain, mungkin Anda sedikit kecewa karena netbook berlayar 10,2” ini hanya dilengkapi harddisk berkapasitas 80 GB, berbeda dengan kompetitornya yang telah membundel netbook dengan kapasitas 160 GB. Karena itu bisa dikatakan bahwa Quantel “agak telat” mengantisipasi tren pasar. Namun, mereka dalam waktu dekat dikabarkan telah menyiapkan netbook dengan kapasitas simpan yang lebih besar. Lagi pula, mereka mengklaim bahwa harga produknya tetap akan kompetitif dibandingkan pesaing lainnya. Sementara dari sisi fitur sendiri, kami anggap bahwa X10 tetap serupa dengan netbook umumnya. Hanya saja, ketersediaan slot Express Card menjadi nilai lebih bagi pengguna yang gemar menambah fasilitas pada netbooknya.

Untuk dipakai dalam aktivitas sehari-hari, netbook berbobot 1,3 kg ini sudah cukup sesuai khususnya dalam aktivitas perkantoran, komputasi ringan, dan Internet. Dengan baterai Li-ion berkapasitas 4000mAh, Quantel X10 mampu bertahan hingga sekitar 3 jam untuk pemakaian normal. Konsumsi daya bahkan akan bisa lebih dihemat dengan cara menurunkan tingkat kecerahan (brightness) layar. Kalau Anda ingin mengakses Internet via jaringan selular 3G, port USB maupun slot Express Card sudah tersedia. Slot ekspansi Express Card ini juga bisa dipakai untuk koneksi lain seperti eSATA ataupun FireWire.

Sumber: Info.Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *