WinFast TV Pro 1920

Berbagai varian tuner TV yang dihadirkan WinFast memang menyasar segala segmen untuk memenuhi kebutuhan yang beragam. Jika sebelumnya kami pernah menguji WinFast TVPro 1680, kali ini kami menguji seri di atasnya, yaitu WinFast TVPro 1920. Dari sisi kelengkapan fasilitas, hampir semua fitur yang ditawarkan sama. Perbedaan mendasar terletak pada ukuran fisik serta dukungan resolusi yang lebih tinggi, sesuai dengan serinya (1920). Resolusi maksimal 1920 x 1200 perangkat ini memang ideal digunakan pada monitor berukuran 22 inci ke atas.

Dukungan resolusi 1920 x 1200 (widescreen) memang cukup ideal untuk menyaksikan video ataupun gambar beresolusi tinggi. Dengan dipadu monitor minimal 22 inci ke atas, Anda akan merasakan adanya perbedaan karena kualitas gambar yang ditampilkan akan berfungsi optimal. Rasio tampilan yang didukung perangkat ini yaitu 4:3, 16:9, serta 16:10.Perangkat ini bisa dioperasikan tanpa harus menggunakan sebuah PC. Cukup gunakan monitor biasa, tancapkan pada port D-Sub 15-pin yang tersedia, dan siaran TV pun sudah bisa dinikmati via monitor PC layaknya pesawat TV biasa. Untuk kemudahan pakai, perangkat ini juga dilengkapi dengan pengendali jarak jauh (remote control) yang sudah dilengkapi batere.

Selain bisa difungsikan secara mandiri (tanpa menggunakan komputer), perangkat ini bisa pula dioperasikan menggunakan PC. Oleh karena itu, disertakan pula sebuah kabel ekstensi D-Sub 15-pin. Tampilan di layar monitor pun bisa diatur bergantian. Jika Anda menekan tombol power, monitor akan berfungsi sebagai pesawat TV. Jika dimatikan, otomatis tampilan akan kembali sebagai monitor PC (tentu saja posisi PC harus dalam keadaan aktif).

Pilihan menu yang ditampilkan secara OSD (On Screen Display) memudahkan pengguna mengatur segala konfigurasi mulai dari auto-scan, tingkat kecerahan (brightness), kontras, hue adjustment, dan fungsi lainnya. Pengaturan ini juga bisa dilakukan via remote control yang disediakan.

Salah satu kelebihan perangkat ini adalah adanya dukungan terhadap fungsi PiP (Picture in Picture). Dengan fitur ini, Anda bisa mengoperasikan PC (misalnya mengetik laporan), sambil menonton siaran TV. Hal ini bisa mengusir rasa jenuh Anda saat berkativitas di depan komputer. Ukuran layar PiP bisa dipilih sesuai dengan ukuran yang sudah disesuaikan yaitu ¼ dan 1/9 ukuran monitor. Posisinya pun bisa ditempatkan di pojok kanan atau kiri maupun tengah layar. Fungsi lain yang disertakan dalam produk ini yaitu adanya fasilitas preview 9 kanal. Saat digunakan, perangkat ini akan menampilkan 9 siaran TV sekaligus pada layar monitor dalam 9 layar kecil. Hal ini cukup berguna jika Anda ingin memilih salah satu dari sekian acara tanpa harus mengganti kanal (channel) satu persatu.

Terdapat satu kelemahan yang mengganjal yaitu saat tuner TV kami aktifkan bersamaan dengan PC. Saat PC menerima koneksi dari perangkat lain, misalnya menerima koneksi flash disk yang ditancapkan pada port USB, layar akan berada dalam modus blank sejenak sampai proses koneksi tadi selesai.

Sumber: Info.Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *