Sistem Penyimpanan Data Besar Ala EMC

JAKARTA – EMC menelurkan Perangkat Data Komputasi terbaru yaitu EMC Greenplum Data Computing Appliance. Perangat ini merupakan sebuah sistem penyimpanan data terpadu menggunakan prosesor paralel secara masif (massively parallel processing – MPP) yang merupakan terobosan arsitektur dari Greenplum.

Perangkat ini memungkinkan berbagai organisasi yang menggunakannya dapat menjadi lebih efisien dalam memproses data berkapasitas besar yang berasal dari berbagai sumber seperti network, Web, konsumen, sistem pengawasan dan sensor. Dengan kecepatan pengunduhan data dua kali lebih cepat dibanding pesaingnya serta dengan kinerja prima bagi industri, EMC Greenplum Data Computing Appliance dapat melakukan proses analisa data jauh lebih cepat dengan biaya yang lebih murah.

Sistem baru ini dikembangkan dan diluncurkan hanya dalam tempo 75 hari setelah EMC mengakusisi Greenplum yang juga bertepatan dengan prediksi IDC yang menyatakan bahwa jumlah data pada dekade mendatang akan bertumbuh sebesar 44 kali lipat. Teknologi penyimpanan data Greenplum adalah kunci yang menggerakan komputasi awan, ‘data besar’ dan analitik self service, sehingga berbagai organisasi dapat menyimpan, mengolah, dan menganalisa terabyte data secara mendetil yang diperlukan untuk mempercepat pemahaman, kesimpulan, dan pengungkapan informasi bisnis.

Greenplum adalah fondasi bagi Divisi Produk Komputasi Data EMC yang baru, yang mengembangkan perangkat analisa guna mengantisipasi fenomena ‘data besar’ yang akan terjadi.

EMC Greenplum Data Computing Appliance yang baru dibangun menggunakan Greenplum Database 4.0. Arsitekturnya yang inovatif dan paralel mampu melakukan pengunduhan data hingga 10 terabyte (TB) per jam, atau dua kali lebih cepat dibandingkan sistem Oracle Exadata dan lima kali lebih cepat dibandingkan sistem Netezza dan Teradata.

Sebagai sistem paralel yang dibangun sesuai kebutuhan, EMC Greenplum Data Computing Appliance menawarkan rasio harga serta kehandalan yang terbaik yaitu tiga kali lipat skalabilitas dan empat kali lipat database cores dibandingkan sistem pesaing. Perangkat ini menyatukan fungsi database, menghitung, menyimpan dan mengkoneksikan ke dalam sebuah sistem berkelas enterprise yang mudah digunakan, dan tersedia dalam konfigurasi yang fleksibel mulai dari half rack, full rack, dan multiple rack bagi kebutuhan skala dari terabyte ke petabyte. Perangkat tersebut terintegrasi dengan replikasi EMC, cadangan dan pemulihan, serta teknologi deduplikasi yang berfungsi sebagai pengamanan informasi.

Greenplum Database 4.0 juga dikemas dan tersedia sebagai solusi software berlisensi satu-satunya untuk industri berstandar hardware x86 dan solusi infrastruktur terintegrasi seperti Virtual Computing Environment (VCE) koalisi VBlock Infrastructure Package. Greenplum Database Edisi Single-Node tersedia untuk diunduh secara gratis. Greenplum Database 4.0 dikategorikan sebagai database analisa paling kritis dalam skala industri dan telah digunakan oleh lebih dari 100 perusahaan terkemuka di dunia.

Selain itu, EMC hari ini meluncurkan konsultasi, servis profesional, dukungan dan pelatihan untuk penyimpanan data dan analis bisnis. Pelayanan Global EMC profesional akan membantu pelanggan menyebarkan dan mengoptimalkan alat komputasi data EMC Greenplum dan menggunakan keahliannya dalam mengelola “data besar” untuk merancang lingkungan IT yang kompleks yang dapat berkorelasi antar data secara masif. Selain itu, EMC juga membantu pelanggan bermigrasi dan bekonsolidasi dari Orcale, Teradata, dan sistem database lainnya ke perangkat EMC Greenplum Data Computing Appliance.

Divisi Produk Komputasi Data EMC memberdayakan berbagai skala organisasi untuk dapat mengevaluasi, menganalisa, dan menggunakan ‘data besar’ yang mereka miliki dengan mengembangkan solusi yang membawa kekuatan prosesor lebih dekat ke data dan end-user data analyst dan ilmuan data.

“Jumlah data dari sektor bisnis meningkat drastis dari sebelumnya, untuk itu dibutuhkan perangkat baru yang mampu menghasilkan nilai bisnis dari peningkatan jumlah data tersebut,” kata Bill Teuber, Vice Chairman EMC.

“Era ‘data besar’ telah dimulai. Bagi pelanggan kami, banjir informasi dari berbagai sumber jelas telah mempengaruhi semua aspek operasional mereka dan mengubah model bisnis seiring dengan pengumpulan informasi secara efisien untuk mendapatkan manfaat bisnis,” jelas Bill Cook, Senior Vice President dan General Manager EMC Data Computing Products Division. (srn)


Profil BSC Rental Komputer | Service BSC Rental Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *