NEC Versa E6150

Notebook kini tidak cuma sebagai alat komputasi, namun juga sarana mengekspresikan diri. Tidak heran jika faktor desain kini menjadi faktor penting dan sangat diperhatikan para pembuat notebook. Berkaca pada kecenderungan tersebut, cukup mengherankan melihat NEC masih bertahan dengan desain Fuchia yang telah diperkenalkan sejak 2 tahun lalu. Ini terlihat dari penggunaan bahan plastik yang tampangnya mirip kulit di permukaan luar notebook. Dahulu, desain ini memang terlihat unik. Namun kini, di era notebook dan perangkat elektronik banyak mengambil tema glossy, penampilan notebook ini jadi agak ketinggalan jaman. Bentuk fisiknya juga terlihat kaku, dan masih ditambah bobotnya yang mencapai 2,4 kg.

Namun seperti orang tua kita bilang, jangan cuma menilai dari penampilan. Di balik bentuknya yang konvensional ini, tersembunyi komponen kelas atas. Selain mengandalkan prosesor Intel Core 2 Duo P8600 yang termasuk generasi Centrino 2, NEC juga menanamkan kartu grafis nVidia GeForce 9600M ke dalam notebook seharga Rp. 15,3 juta ini. Kombinasi komponen kelas atas tersebut menghasilkan performa yang garang, termasuk ketika dibandingkan notebook sekelas seperti BenQ S42-LE04 (Desember 2008). Sayangnya seperti notebook yang dibekali kartu grafis mandiri, daya tahan baterenya memang tidak terlalu lama.Namun kekurangan ini bisa diatasi jika Anda memanfaatkan fasilitas ECO yang bisa diakses melalui tombol di bawah layar. Fasilitas ini tujuannya memudahkan kita mengganti power setting sesuai kebutuhan. Ada tiga mode yang disediakan, yaitu . Dengan menekan tombol ini, kita bisa beralih ketiga mode tersebut, yang ditandai dengan berubahnya warna tombol ECO dan tulisan di layar.

Namun karena Versa E6150 tidak memiliki chip grafis onboard, pada mode … pun, kartu grafis yang digunakan tetap GeForce 9600M. Ini berbeda dengan BenQ S42-LE04 yang langsung beralih ke grafis onboard Intel X4500 ketika masuk mode Power Save. Jadi dari segi penghematan konsumsi daya, Versa E6150 masih kalah dibanding BenQ S42.

Namun ada fitur unik di Versa E6150 yang tidak kita temukan di notebook lain, yaitu Multimedia Touch-and-Go. Fasilitas ini pada dasarnya memanfaatkan touchpad sekaligus sebagai tombol shortcut. Dengan menekan tombol (atau lebih tepatnya area) Switch berlambang tanda panah, touchpad akan berubah fungsi menjadi tombol shortcut. Tombol shortcut ini meliputi akses multimedia (seperti Play, Pause, dan Volume) dan Office (Excel, Word). Fitur ini cukup menyenangkan dan bermanfaat, meski Anda harus belajar menyentuhnya dengan benar karena awalnya kami menemui kesulitan saat menggunakannya.

Sumber: InfoKomputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *