Infrastruktur Internet

Tidak sedikit pengguna pemula yang bertanya tentang siapa pemilik internet, bagaimana mereka mengendalikan lalu-lintas informasi di internet, bagaimana email yang dikirimkan dari satu komputer bisa sampai ke komputer lain, dan sebagainya. Meski terdengar sederhana, pertanyaan-pertanyaan itu menuntut penjelasan tentang apa dan bagaimana infrastruktur internet yang sama sekali tidak sederhana.

Satu hal yang paling hebat dari internet adalah tak seorangpun yang memilikinya. Internet merupakan kumpulan jaringan global, baik besar maupun kecil. Jaringan-jaringan ini saling terhubung dengan berbagai cara, dan membentuk sebuah objek tunggal yang dikenal sebagai internet. Kata internet sendiri mencerminkan gagasan tersebut: interconnected networks.

Sejak awal keberadaannya pada tahun 1969, internet telah tumbuh dari empat komputer host menjadi puluhan juta pada hari ini. Meski tidak seorangpun yang memiliki internet, bukan berarti jaringan global ini tidak dimonitor dan dipelihara. Internet Society, lembang nonprofit yang didirikan pada 1992, berfungsi mengawasi formasi kebijakan dan protokol yang mendefinisikan bagaimana kita menggunakan, dan berinteraksi dengan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *