BenQ nScreen

Pasar All-in-One PC (AiO PC) yang masih muda tak menyurutkan langkah BenQ memperkenalkan PC desktop ringkas bertajuk nScreen. Sebagai AiO PC, penampilan nScreen terlihat menarik dengan lekukan yang sedap dipandang mata. Model nScreen ini tersedia dalam pilihan layar 18,5” (i91) dan 21,5” (i221). Khusus untuk seri i221, ditambahkan peranti handset untuk mendukung komunikasi suara via Skype (VoIP) yang lebih praktis.

Seperti juga PC desktop, nScreen menyediakan koneksi standar seperti USB, LAN, audio, dan speaker internal untuk mendukung multimedia ringan. PC mini ini juga menyediakan Webcam 1,3 megapixel dan fitur Wi-Fi guna mendukung komunikasi via Internet. Asyiknya, antarmuka nScreen juga dibuat ringkas dengan hanya menyertakan sebuah tombol power yang juga berfungsi untuk mengatur level volume.

BenQ juga menyebut nScreen sebagai PC superpraktis karena hanya memerlukan 3 langkah mudah untuk mengaktifkannya. Dengan fisik mirip iMac dan bobot kurang dari 4,2kg, nScreen tidak memerlukan ruang yang besar dan irit listrik. Kalangan rumah tangga dan perkantoran menjadi target pasar dari BenQ nScreen yang diluncurkan Galva Technologies sejak Juni 2009 di Indonesia.

Dibandingkan model AiO PC lain yang ada di pasaran, nScreen ternyata cukup murah karena hanya dijual sekitar US$ 550 untuk tipe i91 (layar 18,5”). Harga tersebut yang sudah termasuk dengan keyboard dan mouse. Rupanya harga yang miring ini akibat digunakannya komponen kelas entry level yang tidak terlalu kencang.

Ya, nScreen hanya memakai prosesor AMD Sempron 210U kecepatan 1,5GHz dan kartu grafis onboard ATi Radeon X1200, optical drive pun masih bersifat optional. Komposisi ini menyebabkan nScreen kurang ideal untuk menjalankan aplikasi berat macam 3D Max atau game 3D yang berat. Menurut pihak Galva Technologies (distributor BenQ), nScreen memang didesain untuk aplikasi ringan dan aktivitas Internet yang tidak mementingkan kecepatan sebagai hal yang utama.

Mungkin di kalangan konsumen muncul keraguan pada produk AiO PC karena paketnya seringkali tak memungkinkan untuk upgrade. Namun hal ini ditepis BenQ karena produk nScreen justru memungkinkan pemakai untuk melakukan upgrade dengan mudah. Tutup bagian belakang nScreen ternyata sangat mudah dibuka dan proses penggantian harddisk atau memori pun bisa dilakukan tanpa harus menggunakan obeng.

Sumber: KOMPAS.tekno

2 thoughts on “BenQ nScreen

  1. Teguh Reply

    Mohon penawaran sewa PC, wide screen LCD 17 Inch, 7 buah selama 2 hr. Laptop 29 buah selama 1 hr.

  2. Teguh Reply

    mohon penawaran sewa PC, wide screen LCD 17 inch selama 2 hr, 7 buah. Laptopsebayank 29 buah selama 1 hr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *