Astronot China Bagi Pengalaman dengan Pelajar Jabodetabek

JAKARTA – Dua astronot asal China, Nie Haisheng dan Zhai Zhigang berbagi pengalaman mereka kepada 500 orang pelajar SLTP se-jabodetabek, dalam acara ‘Bersama Antariksawan, Jelajahi Angkasa’ di PP Iptek, TMII, Jakarta, Sabtu (16/10/2010).

Nie Haisheng dan Zhai Zhigang berkunjung ke Jakarta dalam rangka perayaan 60 tahun hubungan diplomatik dan 16 tahun hubungan baik dalam bidang ristek China-Indonesia. Kedua astronot tersebut berada di Indonesia mulai 13-17 Oktober 2010. Kunjungan persahabatan mereka ini ditujukan untuk menanamkan minat pelajar Indonesia di bidang astronomi.

“Saya yakin ke depannya akan ada tim luar angkasa dari Indonesia dan bisa menjalankan misi luar angkasa bersama-sama dengan China,” ujar Zhai Zhigang kepada para pengunjung. Pelajar-pelajar yang hadir di acara ‘Bersama Antariksawan, Jelajahi Angkasa’ nampak cukup antusias, dengan banyak mengajukan banyak pertanyaan ke astronot-astronot tersebut.

Ketika salah seorang pelajar menanyakan syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang astronot, Nie Haisheng menjawab bahwa mereka harus memiliki fisik yang sehat, otak yang cemerlang dan kondisi psikologi yang stabil.

“Saya harapkan pelajar Indonesia belajar dengan keras agar suatu hari nanti bisa menjadi astronot dan pergi keluar angkasa,” tambah Zhigang.

Kedua astronot ini juga mengaku kalau ini adalah kali pertama mereka keluar negeri, dan Indonesia adalah negara pertama yang mereka kunjungi.

Zhai Zhigang adalah astronot pertama China yang berjalan di luar angkasa. Space-walk nya itu dilakukan pada tahun 2008. Sementara Nie Haisheng pada tahun 2005 juga pernah melakukan perjalanan ke luar angkasa.
(srn)


Profil BSC Rental Komputer | Service BSC Rental Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *