Telkom dan SK Telecom Bentuk Perusahaan Musik Digital

JAKARTA – PT Telkom membuat perusahaan patungan dengan SK Telecom Korea. Perusahaan tersebut dinamai MelOn (Melody On) yang bergerak di layanan musik digital.

Selain menyediakan musik-musik berkualitas untuk didownload, MelOn juga memungkinkan streaming musik tak terbatas. Pengoperasiannya didukung kemampuan ICT Telkom dan kemampuan manajeman pengelolaan bisnis musik selama bertahun-tahun yang dilakukan oleh SK Telecom di pasar musik online Korea.

Dengan total investasi senilai Rp 51 Miliar, dan total penguasaan saham 51 persen melalui anak perusahaan Metra, Telkom akan mengambil peran pemasaran dan penjualan layanan di pasar domestik, penyediaan jaringan, billing, dan bundling produk. Telkom juga akan memanfaatkan posisi brand-nya yang dominan dan strategis untuk mengembangkan sinergi antarperusahaan dalam Telkom Group sekaligus memanfaatkan kapasitas saluran distribusinya yang kuat.

Di sisi lain, SK Telecom dengan kepemilikan saham 49 persen, dengan nilai investasi sebesar Rp49 Miliar, berencana akan mendukung dengan mengerahkan kemampuan manajemennya yang solid dalam membangun platform bisnis DCEH (Digital Content Exchange Hub), menyediakan sumber-sumber konten digital dan mengelola operasional layanan.

PT MelOn Indonesia diharapkan akan menciptakan sebuah model bisnis baru yang diharapkan dapat memuaskan seluruh stakeholders bisnis konten, dari pelanggan hingga operator layanan seperti toko-toko musik online dan operator-operator layanan kabel dan nirkabel, dengan memanfaatkan kemampuan ICT dan pengalaman yang mumpuni di bisnis tersebut

Di masa depan MelOn diharapkan menjadi trend setter dalam hal konsumsi musik di kalangan para pengguna di Indonesia melalui teknologi yang maju dan fitur-fitur menyenangkan yang menunjukkan keunggulan bersaing di antara para pemain lokal di Indonesia. Kekuatan kompetitif utama MelOn Indonesia adalah mampu menyediakan semua jenis musik, termasuk lagu-lagu Indonesia dan Internasional (Pop Amerika/Inggris), bahkan lagu-lagu Korea, Jepang, dan China. Melalui layanan ini para pengguna dapat men-download atau mendengarkan semua lagu tadi sesukanya selama periode berlangganan (dengan biaya hanya Rp 30 ribu per bulan), yang tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan toko musik lain yang dengan harga sama hanya dapat menawarkan satu atau beberapa lagu.

“Saya percaya MelOn merupakan terobosan bagi para pecinta musik di Indonesia. Ini merupakan cara berlangganan yang sangat menarik dan terjangkau yang memungkinkan orang memilih jutaan lagu. Kami menawarkan 30 hari gratis masa pecobaan kepada para pendatang baru untuk menikmati layanan ini, dan saya yakin hal itu akan menjadi hit bagi para muda-mudi Indonesia,” ujar Won Yong Jo, Presiden Direktur PT MelOn Indonesia, melalui keterangan resminya, Rabu (3/11/2010).

Ada beragam cara berlangganan yang dapat dipilih. Pertama, pilihan ‘Download dan Streaming tak terbatas’ di mana pengguna bisa mendengarkan dan mengunduh lagu-lagu dari PC dan terminal telepon mobil yang mendukung DRM. Karena lagu-lagu dilindungi dengan DRM (Digital Rights Management), pengguna tidak bisa meng-copy atau me-share lagu-lagu tersebut ke sembarang perangkat digital. Tetapi, bagi mereka yang memiliki perangkat yang belum mendukung DRM, seperti iPod atau Blackberry, mereka bisa berlangganan “MP3 Download” untuk menikmati lagu-lagu Non-DRM di perangkatnya (dengan jumlah lagu yang dapat di-download dibatasi). Ada juga pilihan berlangganan hanya untuk streaming saja atau juga pilihan bayar per lagu (pay per song).

Di Korea, MelOn sejatinya telah dikenal melalui situs resminya, sedangkan di Indonesia bisa diakses di sini. (srn)


Profil BSC Rental Komputer |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *