Telebit TV Tuner LCD TV BOX

Anda yang menggunakan monitor terutama LCD berukuran besar bisa memanfaatkan monitor tersebut untuk menonton TV. Ini dimungkinkan dengan adanya perangkat tambahan seperti TV tuner eksternal. Contohnya seperti produk dari Telebit ini. Telebit yang belum lama ini mulai menghadirkan jajaran TV tunernya telah menawarkan alternatif menarik yaitu sebuah TV tuner. TV tuner ini memang diperuntukkan untuk digunakan pada monitor jenis LCD, khususnya yang berukuran besar. Mengapa demikian? Karena resolusi maksimal yang mampu dicapainya adalah sebesar 1680×1050 pixel sehingga akan optimal jika dipasangkan dengan monitor layar lebar tersebut, misalnya pada monitor LCD berukuran 22 inci ke atas. Meskipun demikian, tentu saja monitor CRT pun bisa dipasangkan dengan perangkat ini.

Telebit LCD TVBOX menggunakan adaptor sebagai pemasok dayanya. Sebagai penghubung ke perangkat lain, disertakan koneksi input-output analog, baik untuk video maupun audio. Input video memungkinkan perangkat ini dihubungkan ke perangkat multimedia lain seperti VCD/DVD Player, camcorder, sampai perangkat konsol game. Sementara port input VGA bisa digunakan jika Anda ingin menghubungkan perangkat ini menggunakan PC. Jadi monitor yang ada bisa difungsikan sebagai penampil PC dan TV tuner secara bersamaan. Juga tersedia port input untuk menyalurkan suara dari perangkat lain (seperti camcorder) saat dihubungkan ke perangkat TV tuner ini. Meski hanya menggunakan speaker stereo standar, paling tidak, Anda tidak perlu menggunakan daya listrik tambahan untuk sekadar menyimak suara dari perangkat lain. Namun demikian, jika diperlukan, perangkat ini juga menyediakan port output audio untuk menyalurkan suara dari perangkat ini ke speaker eksternal tambahan.Untuk mengoperasikannya, pengguna tinggal menancapkan adaptor untuk mengaktifkan perangkat ini. Meskipun tombol-tombol kontrol di bagian depan hanya terdiri dari tombol power, source, channel, volume dan menu saja, pengguna bisa mendapatkan fungsi pengaturan lain via remote control yang disediakan. Salah satu fungsi yang tersedia misalnya Picture-In-Picture dan fungsi preview multi-channel (yang bisa menampilkan 9 kanal/saluran secara bergantian dalam satu layar). Untuk fungsi PiP, tampilan gambar bisa dipindah ke posisi yang sudah diatur secara default seperti di pojok kanan, kiri, atas, atau bawah. Ukuran gambarnya pun bisa dipilih, mulai dari ukuran kecil, ½ layar, sampai ke ¾ layar. Sementara untuk mengubah resolusi, Anda tinggal menggunakan remote control yang disediakan.

Pilihan menu pada perangkat ini ditampilkan secara OSD (On Screen Display) layaknya pesawat TV konvensional. Dari sini bisa diatur segala setting mulai dari pengaturan tingkat brightness, contrast, sampai auto-scan. Sementara proses pencarian frekuensi (scanning) siaran TV-nya sendiri terbagi ke dalam dua modus, yakni normal dan fast. Pilihlah modus normal untuk mendapatkan sinyal terbaik.

Sumber: InfoKomputer

1 thought on “Telebit TV Tuner LCD TV BOX

  1. pimpi Reply

    bagaimana cara nontonnya ya? kan harus ada softwarenya? dimana bisa didapatkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *