Tahun ini Penjualan E-book Naik hingga 193 Persen

CALIFORNIA – Ketika penjualan buku format cetak terus menurun, penjualan e-book malah meningkat tahun ini hingga mencapai angka 192 persen, menurut data yang dikumpulkan dari 14 penerbit yang tergabung di Association of American Publisher (AAP). 

Sejauh ini penjualan e-book telah mencapai USD263 juta pada tahun 2010, dan USD39 juta di bulan Agustus. Naik 172 persen dari penjualan tahun lalu. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Sabtu (16/10/2010).

Sementara itu, penjualan buku format cetak terus menurun. Penjualan hardcover buku anak-anak dan fiksi remaja tahun ini adalah USD77,8 juta, menurun 8 persen dari bulan sebelumnya dan menurun 14,6 persen dari penjualan Agustus tahun lalu. Sementara itu, penjualan buku paperback untuk kategori anak-anak dan fiksi remaja juga turun sekitar 15,1 persen per bulan dan 7,6 persen per tahun.

Meskipun begitu, penjualan buku format cetak masih kuat untuk kategori pendidikan. Buku hardcover dan paperback untuk kategori pendidikan naik sekitar 10,2 persen sampai 15,7 persen, naik sekitar 5 persen jika dibandingkan dengan penjualan pada bulan Agustus tahun lalu.

Keberadaan e-book kini semakin penting dalam industri penerbitan, memotivasi para retailer untuk membuat aplikasi e-reading ke sebanyak mungkin perangkat elektronik. Peningkatan penjualan 
e-book ini juga membuat industri penerbitan kini banyak mulai berralih dari format cetak ke format digital.
(srn)


Profil BSC Rental Komputer | Service BSC Rental Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *