Samsung CLX-3175FN

Jika dibandingkan dengan printer laser biasa, printer multifungsi mengalami penyusutan fisik yang signifikan, sementara fungsi yang diusungnya lebih beragam. Hal inilah yang kita bisa lihat melalui Samsung CLX-3175FN. Ini adalah sebuah multifungsi laser warna yang dimensinya cuma 41,4×37,3 cm, padahal fungsinya meliputi printer, scanner, copier, dan fax. Sebagai kelengkapan tambahan disertakan pula koneksi jaringan sehingga cocok digunakan pada perkantoran kecil.

Salah satu fitur menarik muncul pada fungsi ID Copy yang berguna untuk memudahkan penggandaan kartu identitas (seperti KTP atau KTM) secara bolak-balik. Namun alih-alih melakukannya secara manual, fasilitas ID Copy melakukannya secara otomatis. Jadi caranya tinggal scan sisi depan, balik, scan sisi belakang, dan printer akan mencetaknya dalam satu kertas. Praktis dan hemat tempat. Di printer ini juga tersedia fasilitas direct USB (untuk mencetak langsung dari USB) dan pictbridge (cetak langsung dari kamera).Pada panel depan disediakan tombol navigasi 4 arah yang dilengkapi dengan tombol shortcut untuk scan, fax, dan copy. Tampilan LCD 2 baris menampilkan informasi dan aktifitas printer saat digunakan. Yang menarik terdapat indikator suara yang menandakan aktifitas telah selesai, sehingga kita bisa mengetahui proses telah selesai tanpa harus menunggu di depannya.

Kalau ditilik dari sisi kinerja, kami melihat Samsung CLX-3175FN unggul saat mencetak teks atau warna hitam. Waktu yang dicapai untuk mencetak 5 halaman teks berformat RTF sekitar 30 detik. Namun karena printer ini berbasis 4-phase (artinya tiap warna CMYK dioleskan satu per satu ke kertas), kecepatan cetaknya turun tajam saat harus mencetak dokumen warna. Untuk mencetak 5 halaman PDF berisi teks dan gambar, dibutuhkan waktu 1,5 menit. Bandingkan dengan multifungsi single phase Samsung, SCX-4300, yang cuma butuh waktu 36 detik.

Kualitas cetak yang dihasilkan termasuk solid dan tajam. Namun saat mencetak warna, kami dapati warnanya sedikit terlalu kuat dan cenderung gelap, sehingga kurang cocok jika digunakan untuk mencetak gambar atau foto. Untuk hasil copy, dokumen warna yang dihasilkan juga masih cenderung kuat. Yang perlu digarisbawahi, perangkat ini menggunakan mode flatbed dengan penutup di bagian atas sehingga Anda bisa mencetak halaman langsung dari buku, majalah, maupun dari catatan yang tebal.

Untuk fungsi scanner, Anda bisa menggunakan dua cara: langsung menggunakan tombol shortcut atau menggunakan aplikasi. Kedua cara ini sama mudahnya. Tombol scan hanya mengirim perintah ke PC untuk menampilkan preview gambar. Untuk zoom in/out, rotate picture, auto-correct, resize, lighten/darken, sharpen, adjust color, saturation dan resolusi dilakukan menggunakan PC. Di sini kecepatan yang diraih cukup cepat; pemindaian pada foto berukuran A4 dengan resolusi 300dpi mencapai waktu 23 detik saja.

Sumber: Info.Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *