PC Ion Pertama, Hasil ‘Perkawinan’ Acer-Nvidia

Acer mengumumkan kelahiran AspireRevo, sebuah mini PC berbasis Atom pertama yang menggunakan Nvidia Ion chipset. Seperti apa?

AspireRevo merupakan small-form-factor PC (SFF PC) berbasis Atom pertama yang menggunakan Nvidia Ion chipset. Chipset ektra tipis ini dipaket dengan GeForce 9400M, seperti yang digunakan pada MacBook Air.

Hal ini membuat processor mini Intel Atom mampu menampilkan grafis yang lumayan berat. Alhasil gamer dan pecinta grafis tak perlu khawatir lagi dengan keterbatasan Intel Atom. David Ragones, product manager Nvidia, yakin tahun 2009 akan menjadi tahun emas bagi SFF PC.
“Kami percaya hal ini akan membawa pengaruh besar bagi pasar, seperti saat netbook berhasil menggeser popularitas notebook tahun lalu,” ungkap Ragones optimistis, seperti dikutip detikINET dari PcMag, Rabu (8/4/2009).

Namun, sayangnya belum bisa dipastikan harga PC mungil tersebut. Ragones hanya memberi kisaran harga yakni sekitar US$ 299.

Meski diklaim memiliki keunggulan, Nvidia Ion juga memiliki kelemahan. Yakni, grafis mungil Nvidia tersebut tidak dapat menampilkan resolusi full HD (1080p). Pihak Nvidia berdalih, saat konsumen memilih low-end PC, mereka tidak membutuhkan fitur video full HD.

Ditilik dari sisi fisik, AspireRevo berukuran 7,1 inchi x 7,1 inchi x 1,2 inchi. AspireRevo dilengkapi single-core Intel Atom 230, RAM DDR2 yang dapat dimaksimalkan hingga 4GB serta hard disk 250 GB. AspireRevo dibekali OS Windows Vista Home Premium dan Basic.

Di sisi eksterior, AspireRevo dilengkapi konektor eSATA, 4 buah port card reader, serta VGA dan HDMI port.

Berikut ini beberapa keunggulan dari Nvidia Ion pada AspireRevo :

  • Dapat menjalankan Windows Vista Home Premium
  • Dapat menampilkan kualitas audio HD
  • Dapat memainkan game-game populer seperti: Spore, Call Of Duty 4 dan Sim City 5
  • Support DirectX 10
  • Support Nvidia CUDA technology

Sumber: DetikInet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *