Microsoft Garap 20 RSBI di DIY

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Microsoft Indonesia bersama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) DIY menjalin kerjasama mengembangkan penerapan aplikasi teknologi informasi berbasis internet pada kegiatan belajar mengajar. Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia di Yogyakarta, Senin (18/10/2010), Sutanto Hartono mengatakan, ada 20 SMP RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di DIY yang akan dijadikan pilot project program itu.

“Para guru juga dilatih dan didorong untuk mengembangkan konten ajar digital. Microsoft memfasilitasi pembuatan Portal Ruang Guru (www.ruangguru.net) yang merupakan semacam wadah bagi guru untuk saling belajar, berbagi materi ajar, dan pengalaman kegiatan belajar mengajar. Dengan memanfaatkan ICT guru bisa memberi tugas lewat internet maupun lewat portal, siswa juga bisa mendown load tugas lewat internet,” ujar Sutanto.

Pihak Dikdispora DIY telah melaksanakan lokakarya bagi para guru yang tergabung dalam Master Teachers. mereka nantinya akan mengaj arkan kemampuan penguasaan ICT kepada para guru yang lain. Dalam kegiatan yang mendukung transformasi pendidikan tersebut, telah diselenggarakan Lomba Guru Inovatif. Rencananya, akan dipilih 3 guru dari DIY untuk mengikuti Asia Pacific Innovative Education Forum pada bulan Maret 2011.

Kepala Disdikpora DIY mengharapkan 20 SMP RSBI menjadi contoh bagi sekolah lain di DIY bagaimana meningkatkan mutu pendidikan melalui ICT, dengan menjadikan SMPN 5 Yogyakarta sebagai garda depan. Pihaknya menyatakan memilih SMP RSBI sebagai percontohan karena sudah memiliki kesiapan lebih dibandingkan dengan sekolah lain. “Dengan demikian mereka nanti akan menularkan penerapan ICT kepada sekolah lain,” katanya.

Profil BSC Rental Komputer | Service BSC Rental Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *