Hierarki Jaringan pada Infrastruktur Internet

Setiap komputer yang terhubung dengan internet merupakan bagian dari sebuah jaringan, termasuk PC di rumah Anda. Misalnya, Anda menggunakan modem dan telepon agar tersambung dengan Internet Service Provider (ISP), PC Anda merupakan bagian dari jaringan mereka. ISP Anda mungkin terhubung dengan jaringan yang lebih besar, dan menjadi bagian dari jaringan mereka.

Secara sederhana, internet merupakan sebuah jaringan besar yang terdiri dari jaringan-jaringan kecil. Kebanyakan perusahaan telekomunikasi besar memiliki backbone sendiri yang menghubungkan beberapa daerah. Di setiap daerah, perusahaan tersebut memiliki Point of Presence (POP). POP adalah tempat bagi pengguna setempat untuk mengakses jaringan milik perusahaan.

Hal yang paling menakjubkan di sini adalah ketiadaan jaringan yang mengontrol secara keseluruhan. Sebagai gantinya, terdapat beberapa jaringan high level yang saling terhubung satu sama lain melalui Internet Exchange Point (IXP). Untuk memenuhi kebutuhan interkoneksi dalam negeri, ISP-ISP nasional yang tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) membangun sebuah IXP dengan nama Indonesia Internet Exchange (IIX).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *