Epson Stylus Office T40W, Inkjet dengan LAN

Epson meluncurkan salah satu printer inkjet-nya yang hadir di kelas stylus office dengan seri T40W. Segmen dari produk ini adalah kalangan bisnis kecil, namun sah saja jika dipakai untuk kalangan rumahan. Ini mengingat fungsi dan kegunaan Epson T40W yang mampu mencetak dokumen berwarna selain foto.

Stylus Office T49W dipersenjatai dengan 4 cartridge terpisah yang terdiri dari black, cyan, yellow dan magenta. Salah satu keunggulan Epson adalah teknologi tinta DURABrite Ultra yang membuat hasil cetak dapat bertahan lama dan tidak luntur meskipun terkena air.

Fitur andalan di sini adalah koneksi nirkabel yang bisa digunakan pada jaringan tanpa kabel. Koneksi ini diklaim mampu bekerja dengan baik sampai jarak 50 meter tanpa halangan. Selain metode nirkabel, juga disertakan koneksi jaringan melalui kabel via port Ethernet 10/100. Koneksi ini cocok untuk ukuran SOHO yang tidak memiliki ruang besar.

Dengan kedua metode tersebut, kini membangun jaringan printer akan menjadi mudah. Saat InfoKomputer mencetak melalui koneksi nirkabel, tidak terdapat lag sama sekali dengan kinerja yang hampir menyamai penggunaan koneksi USB.

Dilengkapi teknologi print head Micro Piezo, printer ini diklaim memiliki kemampuan mencetak cepat dan kualitas teks seperti laser. Hal ini memang terbukti. Saat mencetak 1 halaman teks monokrom, waktu yang ditorehnya sekitar 7 detik, dan 25 detik untuk mencetak 5 halaman. Kualitas teksnya pun tajam.

Meskipun diklaim memiliki kualitas printer laser, InfoKomputer masih mendapati ciri khas sebuah printer inkjet yaitu masih terlihatnya bercak-bercak tinta (jika dilihat menggunakan kaca pembesar). Namun ini tergolong lumrah untuk kelas sebuah printer inkjet.

Saat mencetak dokumen warna, kegesitannya kurang tampak. Yang paling terlihat adalah saat mencetak dokumen PDF atau teks warna. Sebenarnya waktu yang tercatat saat mencetak selembar halaman cukup bagus. Cuma saat mencetak terdapat jeda di saat proses berlangsung, sehingga memakan waktu yang lebih lama dibandingkan teks monokrom.

Ada ganjalan yang terdapat pada Epson Stylus Office T40W, yaitu timbulnya getaran yang agak keras (utamanya saat proses cetak hendak dimulai). Anehnya, saat kami mencetak file berformat PDF yang menampilkan teks serta gambar, getaran terdengar lebih halus.

Selain itu, saat proses cetak berjalan, secara otomatis kertas akan tertarik. Namun penarikan ini terasa kasar sehingga terkadang kertas yang terbawa lebih dari satu lembar. Untuk meminimalkannya, usahakan isi baki dengan kertas yang banyak, namun tetap dalam pengawasan si pengguna.

Stylus T40W juga mampu mencetak foto sampai ukuran A4 secara borderless. Pada modus ini, printer mampu mencetak dalam waktu 1 menit 50 detik dengan kualitas best photo. Agar lebih mudah, disertakan aplikasi Epson Easy Photo Print,.

Sumber: KOMPAS.tekno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *