Ejekan Steve Jobs Cuma Dijawab Satu Kalimat

JAKARTA, KOMPAS.com — Komentar Steve Jobs yang menyebut Android sebagai platform yang tidak benar-benar terbuka cuma dijawab dengan satu tweet oleh petinggi Google. Adalah Andy Rubin, Head Android Engineer, yang menimpali ejekan CEO Apple di akun Twitter-nya.

“The definition of open is “mkdir android ; cd android ; repo init -u git://android.git.kernel.org/platform/manifest.git ; repo sync ; make,” tulis Rubin, Selasa (19/10/2010). Dengan tweet itu, Rubin kelihatannya justru balik mengejek Steve Jobs bahkan mengajari bos Apple itu yang tak paham definisi open source, sifat teknologi yang dipakai Android.

Yang ditulis Rubin itu pada dasarnya satu baris perintah Unix shell code. Kira-kira artinya buat direktori Android, masuk ke direktori tersebut, lakukan koneksi dari repositori kernel Android, lalu lakukan sinkronisasi direktori tersebut dengan apa yang ada di repository, dan kemudian jalankan source code.

Sungguh menggelikan kalau Steve Jobs tidak tahu atau pura-pura tidak tahu bahwa source code Android bisa bebas diunduh siapa saja karena open source. Mereka bisa menggunakan source code tersebut untuk membuat sistem operasi yang lengkap dan benar-benar berbeda, tidak seperti sistem operasi iOS buatan Apple yang hanya ada satu karena hanya Apple yang bisa mengutak-atiknya.

Sebelumnya, saat mengumumkan laporan keuangan Apple pada kuartal terakhir yang mencatat rekor baru pendapatan 20 miliar dollar AS, Jobs mengejek Android sebagai plaform yang terpecah-pecah (fragmented). Misalnya, setiap vendor bisa membuat model bisnis sendiri sehingga pengembang dan konsumen harus menyesuaikan dengan setiap sistem yang dipakai, tidak seperti iOS yang terintegrasi. Misalnya membuat pasar atau toko aplikasi yang hanya bisa jalan di handset buatan vendor tersebut meski menggunakan platform Android. Inilah yang disebut Jobs bahwa Android tidak benar-benar terbuka.

Nah, apakah Jobs lupa bahwa yang namanya open source itu bisa dipakai, diotak-atik, dimodifikasi, dan diganti-ganti sesuai keinginan setiap orang, kapan saja, dan di mana saja? Bahkan, semua bisa bebas menggunakannya secara cuma-cuma.

Profil BSC Rental Komputer |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *