Demi Minyak, Arab Saudi Bikin Komputer Super

Jeddah – Negeri kaya minyak Arab Saudi rupanya tengah bergiat mengembangkan Teknologi Informasi (TI). Bekerja sama dengan raksasa komputer IBM, institusi pendidikan King Abdullah University of Science and Technology (KAUST), merilis proyek untuk membangun komputer super dengan kemampuan 222 triliun kalkulasi per detik.

Direncanakan, komputer super bernama Shaheen itu bakal rampung dibuat tahun mendatang dan digadang-gadang akan menjadi yang paling canggih di kawasan Timur Tengah. Menurut Majid Al-Ghaslan selaku CIO KAUST, super komputer ini akan membantu menganalisis potensi energi minyak yang bertebaran di negara itu.Shaheen sendiri merupakan bahasa Arab untuk sejenis burung elang yang terkenal karena kecepatan terbangnya. Proses konstruksi komputer super ini dilakukan di Watson Research Laboratory in Yorktown Heights, New York dan akan diantarkan ke kampus KAUST untuk diinstall.

Dengan komputer super Shaheen ini, Arab Saudi bakal masuk di jajaran elit negara-negara di dunia yang punya komputer dengan kapabilitas teraflop. Bahkan Shaheen katanya akan terus dikembangkan sehingga bisa mencapai jutaan triliun kalkulasi per detik dalam beberapa tahun ke depan.

Shaheen juga bakal dipakai oleh peneliti lokal dan internasional untuk membantu berbagai studi keilmuan yang memanfaatkan bantuan komputer super. Demikian seperti dilansir AHN dan dikutip detikINET, Rabu (24/9/2009).

Sumber: Detik Inet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *