Canon ImageClass MF4350d

Canon ImageClass MF4350d mirip dengan seri MF4320d yang pernah kami uji. Perbedaan mendasar terdapat pada fungsi fax, yang kali ini disertakan pada MF4350d. Fungsi fax yang disertakan semakin menegaskan segmen yang dituju produk ini, yaitu kantor skala kecil dan menengah. Sama seperti MF4320d, multifungsi ini masih mengusung tema ramah lingkungan dengan disertakannya teknologi eco-office. Teknologi ini terdiri dari beberapa feature, di antaranya energy saver yang menghemat penggunaan daya pada printer laser (yang biasanya cukup boros listrik), modus toner saver untuk menghemat cartridge menggunakan metode cetak yang lebih irit, dan juga teknologi On Demand Fixing di mana proses pemanasan roller diganti dengan keramik yang menempel pada drum film. Keramik pemanas ini hanya akan aktif saat drum/roller berputar untuk mencetak sehingga kebutuhan panas dapat semkain diminimalkan.

Layaknya sebuah perangkat multifungsi, perangkat ini memiliki feature utama yang diandalkan yaitu printer, scanner, copier serta faks. Dukungan terhadap modus full duplex-nya pun diberikan. Namun sayangnya, meskipun mendukung fungsi jaringan, MF4350d tidak menyertakan port LAN. Port ethernet-nya masih bersifat opsional dan Anda harus menambah biaya lagi jika hendak menggunakannya.

ImageClass MF4350d menggunakan memori onboard sebesar 32 MB dan tidak bisa di-upgrade. Karena kapasitas ini tergolong kecil (untuk menangani beban cetak perkantoran besar dengan mobilitas tinggi), diterapkanlah sistem kompresi data UFRII Lite (Ultra Fast Rendering). Sistem kompresi ini memungkinkan komputer bekerjasama dengan memori printer dalam mengolah antrian cetak.Kecepatan cetak serta copy yang dihasilkan produk ini cukup baik. Perbedaan tipis dibanding MF4320d bisa dijadikan acuan bahwa sebenarnya waktu cetak keduanya bisa dianggap sama (lihat tabel). Hasil cetaknya sendiri kami lihat cukup tajam meski bukan yang terbaik. Menggunakan kaca pembesar, kami masih menemui ketidak-solidan hasil cetak meski cukup minim. Begitu pula dengan kualitas copy, sudah cukup cepat dan tajam dengan kualitas yang “mumpuni”.

Saat menguji fungsi scanner, kecepatannya tergolong tinggi dengan durasi sekitar 34 detik untuk resolusi 300 dpi. Waktu tersebut dihitung menggunakan aplikasi bundel yang disertakan saat mencetak gambar foto berukuran kertas A4 (pada modus borderless). Sementara fungsi faks-nya menggunakan modem 33,6 Kbps dan menganut sistem super G3 untuk menerima dan mengirim data dengan cepat. Kemampuan modem ini diklaim memiliki kecepatan kirim 3 detik/halaman. Pilihan kualitas terdiri dari standar, fine dan super-fine dengan resolusi maksimal 203×391 dpi. Dengan kapasitas memori yang ada, faks mampu menyimpan data hingga 256 halaman.

Saat melakukan pencetakan, ada kalanya kita menyadari ada kesalahan dan ingin membatalkan perintah yang sudah dilakukan. Untuk membatalkan perintah cetak tersebut, kita tinggal menekan tombol Job Cancel. Namun, respon sistem terhadap perintah ini sedikit lambat. Saat kami mencetak 5 lembar dan mencoba membatalkannya, respon sistem baru terlihat saat proses pencetakan memasuki lembar ke-3.

Sumber: Info.Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *