Aplikasi ‘Kerjalokal’, Upaya Pengentasan Kemiskinan Via Ponsel

JAKARTA – Upaya pengentasan kemiskinan di negara-negara berkembang terus digalakkan. Berbagai upaya pun dilakukan termasuk mendorong pengentasan kemiskinan dengan penetrasi teknologi.
 
Di indonesia, langkah ini dilakukan dengan program Village Phone yang telah digelar sejak tiga tahun lalu oleh Qualcomm Wireless Reach Initiative, Grameen Foundation, Bakrie Telecom dan Rekan Usaha Mikro Anda (Ruma). Program Village Phone, tiap tahun kian berkembang dan terus berevolusi.

“Dulu mungkin hanya seperti wartel, yang menyediakan fasilitas telekomunikasi tapi sekarang seiring penetrasi ponsel yang kian berkembang kami pun akan mencoba project yang dapat mendorong pengentasan kemiskinan,” kata Budiman Wikarsa, CEO PT Ruma, di Jakarta, Rabu (3/11/2010).

Budiman menjelaskan salah satu pilot project yang sedang dikembangkan adalah pengembangan aplikasi ‘kerja lokal’ di ponsel. Lewat aplikasi ini para komunitas yang terlibat di Village Phone dapat menjual sejumlah informasi seperti info kerja-kerja informal kepada masyarakat.

“Dulu kami hanya membina orang agar berjualan pulsa tapi nantinya selain pulsa mereka juga bisa memberikan info, mungkin aplikasi ini akan tersedia awal tahun 2011,” kata Budiman.

Di wilayah yang dibina Ruma, seperti di Tangerang, Bekasi, dan Serang saat ini ada sekira 5000 micro enterpreuner yang jaring.

“85 persen diantaranya adalah perempuan dan mereka yang saat ini berjualan pulsa memiliki sekira 345 ribu pelanggan,” kata budiman

Aplikasi ‘kerja lokal’ nantinya juga akan dibenamkan di produk-produk ponsel yang dibundling dengan layanan Bakrie Telecom.

“Saat ini kami masih mengkalkulasikan biaya untuk pengembangan pilot project ini. Masyarakat bisa berbagi informasi, lewat aplikasi ini, kami menyediakan konten dan mengelola kontennya,” kata budiman. (srn)


Profil BSC Rental Komputer |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *